Git Basic

Git merupakan salah satu tools, version control yang sangat populer digunakan oleh web developer, software engineer ataupun oleh profesi lain yang menginginkan perubahan yang dilakukan pada file-filenya tercatat dengan baik. Untuk mengenal lebih dalam, silakan kunjungi tautan https://git-scm.com/book/en/v2 . Disini saya akan menuliskan hal basic yang saya pelajari dari Git dan github. Cara instal git dapat ditemui pada tautan yang saya sebutkan tadi.

Membuat folder untuk experiment

mkdir mygit
cd mygit

Melihat settings yang sudah ada di setting anda

git config --list --show-origin

Merubah settings

git config --global user.name "sumandari"
git config --global user.email sumandari.ee@gmail.com

opsi --global diatas maksudnya adalah, anda akan melakukan set username dan email pada semua git project anda. Jika anda hanya ingin merubah setting pada git repository ini saja, maka anda bisa membuang opsi tersebut, namun pastikan anda sudah melakukan git init sebelum merubah setting tanpa opsi --global. git config user.name sumansaja

Memeriksa settings

git config --list

Inisialisasi git repository pada direktori mygit

git init

Mulai bekerja dalam direktori mygit

Anda akan mulai membuat file, menambah dan menghapus file atau isi dari file tersebut. Disini saya akan membuat file dengan nama text0.txt. Anda bisa membuatnya di dalam terminal menggunakan echo atau membuat menggunakan text editor anda. Flow normal yang digunakan untuk menambahkan file pada record git adalah git add dan git commit. kedua command ini akan dibahas dibawah

echo 'Hai, ini adalah lines pertama dalam text0.txt' > text0.txt
git add text0.txt
git commit -m "initial project"

Screenshot 2020-04-27 at 11.13.57 AM.png

Cek status file

git status

Screenshot 2020-04-27 at 11.15.13 AM.png

Menambahkan file dan mengecek kembali status

echo 'Ini adalah line pertama dari file text1.txt' > text1.txt
git status

Screenshot 2020-04-27 at 12.16.37 PM.png

dari status terlihat bahwa terdapat untracked files: text1.txt. Artinya git melihat bahwa file ini belum terdapat dalam commit sebelumnya. Git tidak akan melakukan tracking sampai file tersebut ditambahkan pada git.

Tracking file baru

git add text.txt
git status

Setelah git add dilakukan, maka file akan berada di "Changes to be commited". Command tersebut (git add) akan mengambil path file atau direktori (jika git add direktori) tersebut, dan menandainya dalam "Changes to be commited".

Tags:#git

No Comments Yet